Dawet Bandeng, Kreasi Baru Olahan Bandeng


Cita rasa ikan bandeng memang unik. Selain dapat dikonsumsi sebagai makanan olahan seperti bakso, empek-empek atau abon. Daging ikan bandeng juga dapat diolah menjadi minuman yang menyegarkan.

Di tangan Hidayah, warga desa Margomulyo Kecamatan Tayu ini, ikan bandeng berhasil diolah menjadi dawet. Mungkin sebagian orang akan mempertanyakan cita rasa dari dawet bandeng tersebut. Namun berkat kreativitas Hidayah, dawet bandengnya tersebut berhasil membuat kagum Bupati Pati Haryanto.

“Kalau dijadikan lauk kan biasa, lalu saya coba-coba untuk membuat dawet ini. Dan saya berhasil, ternyata rasanya pas tanpa bau amis,” tuturnya kepada Harianpati.com.

Hidayah memaparkan untuk membuat dawet bandeng tersebut prosesnya tidak jauh berbeda dengan membuat dawet biasa.

“Jadi daging bandengnya saya sangrai dengan beberapa rempah-rempah hingga bau amisnya ilang. Setelahnya, daging yang sudah hilang amisnya tadi saya campur tepung dan dibuat bubur lalu dicetak dengan menggunakan cetakan dawet,” kata Hidayah membuka resep rahasianya.

Meski belum dijual bebas, Hidayah berharap bisa menjual dawet bandengnya ini kepada masyarakat Pati.

“Saya berharap semoga mendapat tempat di Pasar Pragolo, sehingga dawet bandeng ini bisa menjadi salah satu produk unggulan dari Pati."

Dawet Bandeng, Kreasi Baru Olahan Bandeng Dawet Bandeng, Kreasi Baru Olahan Bandeng Reviewed by Bandeng Olahan on 3:31 AM Rating: 5

No comments: