Inovasi Bakso dari Ikan Asin 'Bakasin'


Sumber daya dan potensi alam Indonesia begitu kaya, terlebih kekayaan lautnya. Luasnya laut Indonesia, sehingga banyak masyarakat yang kemudian menjadi nelayan, Para nelayan, selain menjual tangkapan ikannya secara langsung, tak sedikit pula yang kemudian diproduksi sebagai ikan asin.

Di tangan tiga mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK), yakni Miftahul Inayah (Program Studi/ Prodi Akuntansi), Khusnul Farida (Prodi Manajemen) dan Ahmad Edi Waluyo (Prodi Teknik Informatika), dikreasikan sebagai produk kuliner yang cukup menarik, yang disebut dengan Bakasin.

Bakasin adalah bakso ikan asin instan. Sebuah inovasi produk bakso dengan berbahan olahan ikan asin sebagai makanan khas Kabupaten Pati. Sebagaimana diketahui, bakso merupakan salah satu kuliner yang sangat digemari oleh masyarakat di Indonesia.

Untuk produksi sampai saat ini, masih ditangani tiga mahasiswa, di rumah kos Miftahul Inayah. Sedang untuk pemasaran, masih terkonsentrasi di dua kabupaten, yakni Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus.

‘’Permintaan untuk produk Bakasin ini cukup bagus. Per pekan rata-rata bisa menjual 40 dus dengan harga per bungkus (dus) Rp. 7000,’’ terang Miftahul Inayah diamini teman-temannya yang dalam membuat inovasi Bakasin ini didampingi salah satu dosennya, Zamrud Mirah Delima SE. M.Si. Akt.   

Ahmad Edi Waluyo menambahkan, pemasaran offline dilakukan dengan menitipkan barang di toko-toko (warung) atau stan-stan pameran. ‘’Sedang pemasaran online, kami memanfaatkan situs jual beli Bukalapak, OLX dan Kaskus dengan keyword bakso ikan asin,’’ terangnya. 

Inovasi Bakso dari Ikan Asin 'Bakasin' Inovasi Bakso dari Ikan Asin 'Bakasin' Reviewed by Bandeng Olahan on 8:32 AM Rating: 5

No comments: