Ikan Bakar Khas Tanah Batak , Pucat Tapi Enak


Bandengolahan - Sekilas penampilan sajian menu dengan nama ikan tombur ini mungkin tidak menarik. Ikan bakar dengan bumbu sambal di atas dengan warna terkesan pucat memberikan kesan biasa saja.

Namun, jangan terkecoh dengan penampilan sajian asal Sumatra Utara ini. Sebab, kalau sudah mencicipi akan membuat penikmat kuliner ketagihan.

Bumbu sambal dengan sensasi pedas yang disiram di atas ikan bakar ini juga mampu menggoyang lidah khususnya bagi mereka penikmat sambal.

Ikan sambal tombur atau populer dengan sebutan na tinombur adalah sebutan untuk makanan khas masyarakat Batak. Makanan ini menggunakan bahan utama ikan dengan cara dibakar lalu disiram sambal tombur.

Sambal tombur memang menjadi ciri khas dari sajian ikan bakar khas Batak Toba. Bumbu sambal ini tidak sembarang. Sebab, ada yang spesial yaitu aroma andaliman akan langsung indera penciuman saat dihidangkan di atas piring.

Saat mencicipi ikan pedas sambal tombur ini, sensasi rasa gurih bercampur dengan pedas getirnya andaliman membuat makanan ini mampu menciptakan rasa yang kompleks.

Untuk membuat sambal tombur memang menggunakan bumbu-bumbu dapur khas Batak seperti andaliman, bawang merah, cabai rawit, kacang dan rias (biasa disebut kecombrang) ditambahkan dengan jahe, kemiri dan jeruk nipis. Kemudian semua bumbu ditumbuk halus dan dimasak. Setelah matang sambal akan menimbulkan rasa gurih yang kuat karena penggunaan kacang dalam meracik.

Uniknya, meski kata tombur dalam bahasa Batak memiliki arti rebus. Tetapi yang dimaksud ikan tombur bukan ikan yang direbus atau dikukus.

Melainkan ikan dibakar. Sedangkan untuk bumbu-bumbunya direbus atau dimasak kemudian dihaluskan untuk disiramkan ke atas ikan bakar.

Ditulis Detik, cara mengolah ikan dengan cara disiram sambal tombur adalah cara tradisional para nelayan untuk menyantap ikan dengan cara sederhana namun nikmat.

Bagi masyarakat Batak, khusus Batak Toba sambal tombur biasanya dipasangkan dengan ikan emas. Tapi jika tidak ada ikan emas, bisa juga dengan ikan mujair atau nila merah dan gurami pun masih cocok.

Lele juga sering digunakan sebagai bahan utama ikan sambal tombur. Tetapi jenis ini selain ikan emas akan terasa karakter dasar yang berbeda. Ikan selain dibakar, dipanggang bisa juga digoreng.

Sebenarnya jika diperhatikan penyajian ikan sambal tombur ini mirip dengan pecel lele atau lele penyet.

Namun, perbedaannya terletak pada racikan bumbu atau sambal yang digunakan adalah sambal tombur. Sambal lele penyet memberikan cita rasa pedas manis. Sedangkan sambal tombur kuat dengan rasa pedas gurih.


Dinukil Wartakota, menu ikan bakar tombur ini masuk dalam buku "100 Makanan Tradisional Indonesia Maknyus", yang dibuat oleh pemerhati makanan Bondan Winarno.

Dan sensasi rasa sambal tombur pun membuat Presiden Joko Widodo ketagihan. Hal ini diungkap oleh Majito Damanik, koki di Hotel Inna Parapat yang khusus melayani Presiden saat Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 akhir Agustus lalu.

"Setiap makanan yang disajikan, Pak Presiden selalu minta disediakan sambal Tombur. Ikan panggang bumbu tombur, bisa juga ayam bakar bumbu tombur," kata Damanik.

Jadi kalau Anda sedang berada di Sumatera Utara, jangan lupa untuk mampir ke salah satu rumah makan yang menyajikan ikan bakar na tinombur.

Anda bisa menjumpai sepanjang jalan menuju Danau Toba banyak rumah makan yang menawarkan menu ikan bakar tombur.

Ikan bakar tombur akan disajikan bersama dengan satu piring nasi panas dan lalap seperti mentimun dan selada air. Harga satu porsi ikan bakar tombur dibandrol mulai harga Rp25 ribu.

Di Rumah Makan Sopo Mardai yang terletak di Jalan Sei Batanghari Nomor 58 Medan juga sajikan menu adalah yaitu ikan bakar sambal tombur.

Menurut Nimrod Lubis, pemilik rumah makan, ikan yang digunakan berasal langsung dari Danau Toba. Alasannya, daging ikan dari Danau Toba lebih manis karena dikembangbiakkan di danau.

Lembut daging ikan sangat pas dipadu dengan sambal tombur. Rasa manis daging ikan bercampur dengan pedas sambal yang menggelitik.

Bagi Anda kangen atau ingin mencoba mencicipi ikan sambal tombur bisa mampir ke rumah makan khas Batak di sini.

Anda juga bisa membuat sendiri di rumah dengan resep yang sudah diuji di dapur Femina.


Ikan Bakar Khas Tanah Batak , Pucat Tapi Enak Ikan Bakar Khas Tanah Batak , Pucat Tapi Enak Reviewed by Bandeng Olahan on 9:31 PM Rating: 5

No comments: