Sering Makan Ikan Asin Campur Nasi Hangat? Waspada Bisa Ancam Kesehatan


Bandengolahan - Meski terbilang sederhana dan murah sajian ikan asin banyak bikin orang jatuh cinta dengan kenikmatannya. Dari aromanya saja sudah bisa mengundang air liur. Apalagi rasanya yang asin dan gurih terasa semakin mantap ketika dinikmati dengan rasa hangat. Tapi belum banyak yang mengetahui ternyata beberapa ahli menganggap perpaduan tersebut justru tidak sehat.

Seperti dilansir dari hellosehat.com (3/7/2018) Berikut beberapa efek negatif yang mesti di wapadai. Ikan asin mengandung nitrosamin yang merupakan zat karsinogen yang dapat memicu kanker. Zat tersebut muncul dari proses pembuatan ikan asin yaitu diasinkan dan dijemur dibawah sinar matahari hingga kering. Proses tersebutlah yang menyebabkan munculnya zat karsinogen yang jika terlalu sering dikonsumsi dapat memicu kanker nasofaring atau kanker tenggorokan.

Bagi pencinta masakan tradisional perpaduan ikan asin di goreng dengan nasi hangat memang mantap. Apalagi kalau dilengkapi dengan hadirnya sambal yang pedasnya nendang. Tapi ternyata hal tersebut tidak baik. Kandungan zat nitrosamin yang terdapat pada ikan asin akan mengepul terbawa dengan uap nasi yang menyebabkan jatuh kedalam pori-pori kulit, terutama ke bagian mulut, leher dan tenggorokan.

Tidak hanya berlaku pada ikan asin saja, tapi hal tersebut juga berlaku untuk semua makanan yang melalui proses olahan yang diasinkan yang menghasilkan zat nitrit yang akan menimbulkan zat karsinogen yang memicu terjadinya kanker.  


Sering Makan Ikan Asin Campur Nasi Hangat? Waspada Bisa Ancam Kesehatan Sering Makan Ikan Asin Campur Nasi Hangat? Waspada Bisa Ancam Kesehatan Reviewed by Bandeng Olahan on 3:46 AM Rating: 5

No comments: